Settingan Lovebird jantan tipe fighter untuk lomba yang terbukti ampuh

Kebanyakan lovebird mania banyak yang memilih melombakan LB dengan jenis kelamin betina, hal ini disebabkan perawatan yang lebih gampang. Perawatan lovebird jantan memang berbeda dari lovebird betina, khususnya burung-burung yang kerap dilombakan. Biasa kita lihat bahwa lovebird betina lebih sering menjuarai lomba, akan tetapi kelebihan dari lovebird jantan adalah sering membuat lawan-lawannya terdiam, terutama burung betina yang kemungkinan besar naik birahi.

Hal ini juga terjadi untuk lovebird jatan klara yang merupakan jagoan dari om Budi Hidayat yang merupakan penggemar kicauan dari kawasan Jakarta selatan

“Saya perhatikan beberapa kali di lapangan, jika Klara sudah ngekek, maka lawan-lawan di dekatnya langsung ngeruji dan terdiam,” tutur Om Budi seperti di lansir dari omkicau.com.
Menurut si empunya klara merupakan lovebird dengan tipe fighter bukan bertipe konselt ( bunyi sambil tidur) hal tersebut yang menyebabkan klara bisa menjatuhkan mental lawan lawan yang ada disekitarnya karena mendengar ocehan ngekeknya yang berdurasi panjang.

Ciri khas dari lovebird jantan klara ini adalah ngekek panjang sambil ngeruji saat dilombakan hal ini yang membedakan dengan lawan lawanya yang mentalnya jatuh dan menyebabkan ngeruji sambil terdiam.

Karena karakteristik ini klara hanya bisa tampil dengan maksimal di kelas aksi bebas yang mana saat ini sudah sangat marak untuk level lomba burung di tanah air.

Seperti yang kita ketahui bersama baha dulu , tidak semua event organizer (EO) arus utama membuka kelas lovebird aksi bebas. Hal ini lah yang menyebabkan , Klara selalu absen main dalam even yang diselenggarakan EO tertentu. Namun saat ini semua EO arus utama seperti BnR, Ronggolawe Nusantara, dan Radjawali Indonesia sudah membuka kelas aksi bebas, sehingga Klara dapat tampil lintas-EO.

Patut dicatat bahwa untuk saat ini klara bisa ikut dalam 2-3 even dalam seminggu dan hampir dipastikan meraih juara. “Sejak balik lagi ke tangan saya, dua bulan lalu, Klara sudah 50 kali lebih menjuarai lomba,” tutur Om Budi.

Memang beberapa waktu lalu, lovebird Klara sempat berpindah tangan kepada Om Bonni N (Mahesa Ratu SF), pemilik murai batu Ninja Hitam dan Excavator. Di tangan Om Bonni, lovebird jantan ini diganti namanya menjadi lovebird Samyang.

Om Bonni pun sudah menikmati sejumlah kemenangan bersama lovebird Samyang. Bahkan burung ini nyaris mencetak hattrick dalam even akbar Piala Tirto Kukilo di Samsat BSD Tangerang, akhir tahun lalu. Dalam berbagai even lokal maupun regional, Samyang juga selalu meraih prestasi.

Karena memilih fokus main di kelas murai batu, Om Bonni kemudian menjual kembali lovebird Samyang kepada Om Budi. Kedua kicaumania ini enggan menyebut nilai maharnya. Sejak itulah Samyang berganti ke nama semula: Klara.

Kembalinya lovebird Klara ke tangan Om Budi menjadi berkah tersendiri, apalagi hampir semua EO kini membuka kelas aksi bebas. Kelas yang mengakomodasi lovebird gacor dan mempunyai durasi ngekek panjang, meski itu dilakukan sambil ngeruji.

Settingan lovebird jantan Klara sehari hari dan sebelum lomba

Menurut Om Budi, meski ngekeknya sambil menggigit jeruji, kedua kaki lovebird Klara tetap berada di tangkringan. Berbeda dari lovebird ngeruji pada umumnya, yang mana kedua kakinya menyangkut pada jeruji sangkar.

Bagaimana cara merawat lovebird aksi bebas seperti Klara? “Perawatannya sederhana kok, nggak ribet,” ujar pria yang sehari-harinya bekerja sebagai perawat harimau sumatera di Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Dalam kesehariannya, lovebird Klara tidak perlu mandi maupun dijemur. Sangkarnya cukup digantung di pojokan teras, dalam kondisi sendirian dan tanpa dikerodong. Burung baru dikerodong pada malam hari saat mau diistirahatkan.

Pakan utamanya berupa milet polosan, tanpa dicampur pakan bijian lainnya maupun extra fooding (EF). Kalau mau dilombakan, barulah burung dikerodong seharian penuh.

Dalam kondisi top form, lovebird Klara sekali narik bisa ngekek dengan durasi lebih dari 2 menit. Cirinya tak berubah, yakni narik suara panjang sambil gigit jeruji dan angkat sebelah kaki. Suara isiannya terdiri atas walang krek, parkit, hingga kenari yang dibawakannya secara bergantian.

Demikian settingan lovebird jantan klara yang sudah terbukti ampuh membawa puluhan gelar bergengsi, semoga gacoan anda juga bisa mengikuti jejak klara dengan tipe rawatan yang sudah disampaikan.