Penyebab Lovebird tidak mau kawin dan solusinya

Lovebird tidak mau kawin memang menjengkelkan buat kita para peternak karena hal ini akan menghambat produksi, penyebab lovebird tidak mau kawin memang bermacam macam, dan pada artikel ini kita kan membahas satu persatu masalahan tidak mau kawin pada lovebird serta solusi yang bisa kita lakukan, agar ternak lovebird kita sukses.

Jika kita tanyakan kepada para peternak lovebird kawakan, apa penyebab lb tidak mau kawin, secara umum ada dua yakni lovebird tersebut belum jodoh, dan faktor yang kedua adalah pasangan labet tersebut belum memasuki masa birahi.

Penyebab Lovebird Tidak Mau Kawin

Pada pasagan lovebird baru yang tidak kawin mungkin kita bisa meberikan perlakukan khusus yakni pemberikan EF yang bisa mendongkrak birahi burung tersebut. Salah satu pakan yang sangat ampuh dan sudah terbukti untuk menaikkan birahi lovebird adalah sayuran kangkung.

Untuk lovebird yang baru dijodohkan silakan diberikan sayuran kangkung setiap hari selama dua minggu berturut turut. Biasanya dalam pemberian satu minggu saja lovebird sudah mulai birahi. Kemungkinan kedua lovebird tersebut bisa mau kawin. Silakan membaca selengkapnya di artikel cara menjodohkan lovebird dengan cepat.

Solusi Lovebird tidak mau kawin

Lovebird usia dewasa yakni sekitar 8-9 bulan merupakan usia terbaik lovebird untuk kawin, dan jika usia pasangan belum mapan pastikan lovebird tidak mau kawin karena belum masuk masa birahi.

Dan jangan lupa hal yang paling penting saat menjodohkan lovebird adalah pastikan jika kedua lovebird tersebut berkelamin jantan dan betina.

Nah untuk mengatasi lovebird tidak mau kawin saat usia sudah mencukupi atau masuk usia mapan ada beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berikan pakan bergizi seperti campuran biji-bijian yang bisa kita beli di toko burung, seperti kuaci, canary seed, gambah merah dll.
  • Berikan pula extra fooding berupa kangkung atau tauge selama 2 minggu berturut turut hal ini sangat bagus mendongkrak bihari lb kita.
  • Jangan diberi glodok terlebih dahulu saat awal awal perjodohan
  • Masukan glodok jika lovebird sudah terlihat melakukan perkawinan.
  • Bersihkan kandang secara rutin setiap hari agar lovebird nyaman
  • Mengganti air bersih setiap hari

Ciri-ciri Lovebird Siap Kawin

  • Pertama kedua pasangan adalah jantan dan betina
  • Ciri-ciri yang bisa kita lihat adalah lovebird akan berdampingan dan saling meloloh.
  • Bila kedua pasangan terlihat sudah dekat, coba pisahkan keduanya untuk beberapa saat lalu pantau tingkah lakunya, bila saling kicau dan menabrak ruji kandang berarti mereka saling suka.
  • Bila jantan terlihat siap, maka Anda akan melihat sang jantan meloloh betinya dan betina meminta disuapi seperti pasangan yang dimabuk asmara.
  • Selang beberapa hari lovebird akan kawin, perkawinan berlangsung 1 menit bahkan lebih.
  • Lovebird betina akan membuka sayap layaknya pesawat terbang dan jantan akan membuahi betina dengan proses perkawinan.

Selain beberapa faktor diatas perlu diperhatian juka adalah untuk lovebird yang sudah pernah produksi, penting untuk mengatur masa bertelur. Hal ini bertujuan untuk mengatur agar kualitas anakan tetap terjaga.

Sebagai contoh untuk anakan kita ambil pada usia 2 minggu. Maka lovebird indukan tadi akan kawin lagi setelah anakan di ambil. Kemudian 10 atau 15 hari setelah anakan diambil, lovebird akan bertelur kembali. Lovebird memang sangat cepat berproduksi jika sudah mapan. Dan perlu diingat bahwa dalam penangkaran lovebird ada beberap hewan yang menjadi musuh kita, diantaranya adalah semut dan juga tikus.

Semoga artikel mengenai penyebab lovebird tidak mau kawin dan solusinya ini bisa berguna bagi kita semua sesama pecinta burung lovebird.