Mengenal lovebird dan jenisnya yang populer di Indonesia

Lovebird, LB, atau labet merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani “agape” yang berarti “cinta” dan “ornis” yang berarti “burung”). LB termasuk burung yang berukuran kecil, yakni diantara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial.

Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies “lovebird kepala abu-abu” berasal dari Madagaskar.
Pemberian nama burung cinta atau LB sebenarnya berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang lovebird akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas. Umur hidup rata-rata bisa mencapai 10 sampai 15 tahun.

Di Indonesia sendiri pada awalnya orang memelihara burung jenis ini hanya untuk keindahan warna bulunya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan trend lomba suara burung, maka lovebird untuk saat ini dipelihara untuk memunculkan suara-suara khas lovebird yang panjang atau sering disebut ngekek.

Lovebird selain sebagai burung petarung di arena kicauan, jenis ini juga sangat baik sebagai burung pemaster.

Berikut ini berbagai jenis dan warna lovebird serta kisaran harganya yang popular di Indonesia :
1. Lovebird Albino

Lovebird albino memiliki ciri khas seluruh tubuhnya mulai dari haruh hingga ujung ekornya memiliki warna putih. Bahkan kakinya pun berwarna putih. kisaran harga lovebird albino mata merah PAUD 450 dan untuk dewasa 650 ribuan
2. Lovebird Biru Mangsi (Mangsi)

Ciri khas lovebird biru mangsi adalah warna bulunya yang dominan biru atau sedikit ke warna violet. Ada yang namanya mangsi perso yang artinya warna kepalanya itu hitam sedangkan warna bagian tubuhnya berwarna biru.
Harga lovebird biru mangsi usia muda yakni usia 2 bulan hingga 3 bulan mencapai Rp350.000. Sedangkan pada usia siapan produksi atau dewasa sekitar usia 6 bulan hingga 9 bulan mencapai kisaran Rp500.000. Lovebird jenis biru mangsi saat ini banyak sekali penggemarnya.
3. Lovebird Biru Violet

Jika sekilas memang biru violet mirip dengan biru mangsi, tetapi biru mangsi warnanya tidak terlalu tajam sedangkan violet birunya sangat pekat.
Harga lovebird violet kisaran 1 juta keatas, tergantung kualitas.
4. Lovebird Batman

Ciri khas lovebird batman adalah bulu bagian kepala, sayap, hingga ekor berwarna hitam. Kemudian biasanya ada jenis batman yang bagian dadanya agak hitam atau agak putih.

Untuk harga lovebird jenis batman yang usianya masih PAUD atau usia 2 sampai 3 bulan harganya relatif murah, yakni Rp650.000 sampai Rp700.000.
Untuk harga lovebird batman usia siapan produk yakni usia 6 bulan sampai 9 bulan harganya Rp700.000 hingga Rp.1.000.000.
Sedangkan lovebird batman yang sudah pernah produksi misalnya yang sudah jelas janda atau duda harganya mencapai Rp1.200.000. Memang harga batman masih terbilang stabil dan termasuk jajaran lovebird mahal.

5. Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan ini hampir sama dengan lovebird warna standa yakni hijau. Yang membedakan adalah pada dakocan, kepalanya hitam kemudian diikuti lehernya yang biasanya “ngalung” berwarna kuning. Bagian dada juga berwarna kuning. Sedangkan warna sayap hingga ekor berwarna hijau.

6. Lovebird Dark green

Lovebird dark green juga masih banyak peminatnya. Ciri khas dari lovebird ini adalah warnanya yang didominasi dengan warna hijau kehitaman. Pada bagian sayapnya yang berwarna hijau gelap atau kehitaman. Pada bagian kepalanya terlihat gradasi warna hitam dan kuning. Bagian dadanya berwarna kuning gradasi dengan warna hijau. Untuk paruhnya berwarna merah dan kakinya berwarna hitam.
Untuk warna kepalanya kadang ada yang berwarna kemerahan campur dengan kuning. Tapi warna pada sayapnya yang berwarna hijau gelap atau kehitaman.

7. Lovebird Euwing

Kalau kita melihat pada punggung lovebird euwing, pada kedua sayapnya akan membentuk hufuf V (ve), karena warna punggung dan kedua sayapnya berbeda. Kedua sayap lovebird euwing memiliki warna trotol-trotol seperti lovebird blorok. Paling banyak lovebird ewing berwarna kuning kehitaman. Dadanya berwarna lebih cerah. Misalnya kuning cerah kemudian bagian satapnya berwarna hitam gradasi warna kuning. Bagian ekor berwarna kehitaman dan bergradasi kuning.
Paruh lovebird euwing berwarna merah. Pada bagian kepalanya ada yang berwarna kuat. Misalnya berwarna hitam seperti lovebird dakori, namun ada yang kepalanya merah seperti biola.jenisnya macam-macam ada euwing violet, euwing perso, euwing pied dll
Harga lovebird euwing cukup mahal karena termasuk langka kisaran 2 juta keatas, tergantung kualitas.

8. Lovebird Hijau (ijo)

Ini dia so lovebird yang paling sering kita temukan dan paling banyak, lovebird ini biasanya digunakan untuk lovebird kicau. Harga lovebird ijo kisaran 350, tergantung kualitas.

9. Lovebird Kepala emas (Palamas)

Palamas adalah singkatan dari kepala emas, lovebird dengan kepala kuning menyerupai emas biasanya disebut palamas.
Harga lovebird kepala emas anakan kisaran 185 ribu dewasa 350 ribuan

10. Lovebird Lutino

Lutino adalah sebutan untuk lovebird berwarna kuning + oren dengan warna yang bersih mulus tidak ada corak
Harga lovebird lutino kisaran 800, tergantung kualitas.
11. Lovebird Mauve

Mauve adalah warna acak pada lovebird, jenisnya banyak ada mocca mauve, ada sable mauve, pied mauve dll
Harga lovebird mauve bervariasi tergantung keunikan warnanya, tapi rata-rata kisaran 1 juta, tergantung kualitas.
12. Lovebird Olive

Olive adalah warna hijau halus atau hijau tua.
Harga lovebird olive kisaran 400, tergantung kualitas.
13. Lovebird Pastel Biru (Pasbir)

Ciri khas lovebird pastel biru adalah warna biru yang memudar pada bagian atas burung seperti pada kepala, ekor, dan sayap serta punggung. Lovebird pastel biru ini bisa dikawinkan silang dengan jenis yang lainnya gar bisa menghasilkan warna yang bagus. Kemungkinan besar juga warna pastel biru bisa menghasilkan warna blorok biru atau yang biasa disebut dengan Blue Series.
Banyak orang yang mengatakan warna pastel biru ini mungkin burungnya mau jadi warna burung mangsi. Harga lovebird warna pastel biru untuk usia 2 bulan hingga 3 bulan sekitar 200 ribuan. Sedangkan pada usia siapan mau produksi harganya sekitar 350 ribuan

14. Lovebird Pastel Ijo (Pasjo)

Sama dengan pastel biru, pastel ijo adalah burung dengan corak warna hijau di sayapnya.
Harga lovebird pasjo kisaran 400, tergantung kualitas.

15. Lovebird Pastel Kuning (Paskun)

Pastel kuning memiliki ciri warna corak kuning pada sayapnya, tidak kuning bersih seperti lutino
Harga lovebird paskun paud kisaran 250 ribuan sedang dewasa 400 ribuan, tergantung kualitas.

16. Lovebird Pastel Putih (Pasput)

nah ini tidak usah dijelaskan, sama seperti pastel lainnya hehe warna putih disayapnya tidak bersih, melainkan terdapat coraknya

Harga lovebird pastel putih Paud kisaran 250 ribuan sedang dewasa kisaran 400 an ribu
17. Lovebird Blorok

Yang menjadi ciri khas dari LB blorok adalah pada bagian sayap dan punggungnya terdapat warna yang kombinasi yang lain.
Misalnya ada beberapa jenis lovebird blorok seperti Green Series biasa disingkat GS dan Blue Series biasa disingkat BS.
Harga lovebird jual dari LB blorok ini masih dibilang paling mahal. Untuk harga anakannya atau usia 3 bulanan mencapai 800 ribuan. untuk usia siapan produksi mencapai satu jutaan.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan lovebird, dan jika ada ketidak cocokan harga serta data silakan share dikolom komentar agar kita bisa merubahnya.