Manfaat pakan gabah untuk lovebird

Manfaat gabah untuk lovebird memang sangat banyak, karena itu pemberian makanan jenis biji bijian dari padi ini sangat bagus buat gacoan kita. Salah satu manfaat gabah adalah memberikan penampilan yang stabil saat di gantang, dimana porsi pemberian gabah ini cukup 10-20 bulir per harinya.

Gabah adalah makanan yang masuk dalam golongan biji-bijian kecil, gabah dihasilkan dari bulir padi atau bisa disebut bunga padi.

Jenis makanan ini banyak mengandung sumber -sumber kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, natrium dan kaya dengan sumber vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C dan E.

Jenis makanan ini sendiri sudah cukup lama digunakan oleh penghobi burung kicau khususnya burung perkutut, kita bisa lihat di dalam makanan perkutut dengan bentuk kemasan, pasti terdapat bijian kecil ini yang berkulitkan kasar ini, bagi penghobi perkutut gabah sendiri bermanfaat agar suara burung kering dan jerni.

Dalam perkembangan dunia kicau, serta masuknya burung import yang berjenis lovebird ke Indonesia, gabah ternyata juga bisa dimanfaat kan untuk burung lovebird.

Manfaat memberikan gabah untuk lovebird lainya adalah mengontrol birahi, mendongkrak stamina, serta membuat suara lebih kencang dan kasar. Selain itu manfaat gabah juga tidak jauh berbeda dengan burung perkutut.

Tujuan pemberian gabah untuk lovebird adalah agar membuat suara piyik lebih cepat pecah, dan membuat suara lebih kasar untuk yang dewasa.

Nah jika agan semua mempunyai burung LB denan suara yang halus atau pun tipis, pemberikan makanan berupa gabah sangat bisa di andalkan agar suara burung lovebird menjadi lebih kasar. Memang banyak jenis gabah yang bisa diberikan untuk labet, akan tetapi yang sering dipergunakan untuk burung ialah jenis gabah bangkok atau gabah lampung, gabah jenis ini sama -sama satu jenis, hanya penyebutan nya saja yang berbeda-beda dikalangan pecinta burung.

Ada dua jenis gabah bangkok yang beredar di pasaran, yaitu gabah bangkok merah dan gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada yang berwarna putih. Selain itu, gabah bangkok merah banyak digunakan dalam penangkaran burung perkutut. Adapun gabah bangkok putih lebih sering digunakan untuk perkutut yang dilombakan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama dalam sebuah festival burung berkicau, khususnya dikelas lovebird, volume suaralah yang menjadi salah satu faktor pendukung selain durasi burung.

Meskipun ocehan lovebird kita memiliki durasi yang panjang akan tetapi tidak di dukung oleh volume suara yang kasar, akan jarang sekali menarik perhatian para juri, apalagi di posisi gantangan tengah.

Namun apabila lovebird anda memiliki suara yang kasar, akan mudah mencuri perhatian juri saat bertugas, dikarenakan juri akan mendengar suara kasar dari kejauhan dan akan terkontrol kalau burung lovebird sedang narik atau ngekek.

Berikut ini kami berikan tips cara memberikan gabah untuk lovebird anda agar mempu mengeluarkan suara yang kasar dan pecah sehingga bisa diperhatian oleh para juri saat di gantang di perlombaan, gabah yang diberikan bisa berupa gabah merah atau putih, sama saja

  • Sebelum diberikan kepada lovebird, kita wajib memilih gabah bangkok yang berkualitas baik. cara mengujinya sangat sederhana cukup merendam gabah dalam wadah berisi air. dimana gabah yang tenggelam / berada di dalam air berarti berisi dan layak dipilih. Adapun gabah yang mengambang harus dibuang, karena gabah tersebut pastinya tidak berisi atau gombong.
  • Setelah dipilih gabah yang berisi makan tahap selanjutnya adalah dijemur di bawah terik sinar matahari.
  • Gabah yang sudah kering kemudian dicampur dengan pakan bijian yang lain seperti milet putih atau merah.
    Porsi gabah jangan berlebihan, cukup 10 – 20 butir yang bisa diberikan kepada lovebird setiap harinya.

Semoga artikel mengenai manfaat gabah untuk lovebird ini bisa bermanfaat dan bisa membantu lb mania semua.