Inilah ciri ciri lovebird betina over birahi

Ciri ciri lovebird betina over birahi ini saya sampaikan untuk anda yang masih baru dalam hal perburungan lovebird, dimana ciri ciri ini bisa juga digunakan untuk menandai jenis kelamin lovebird yang kita pelihara, untuk pemula kadang masih bingung membedakan antara lovebird jatan dan betina, pada masa anak anak perbedaan antara jantan dan betina tidak terlihat dengan jelas. Akan tetapi apabila sudah masuk umurnya dewasa seperti umur 9 bulan ke atas, kita bisa memprediksikannya diantaranya dari postur tubuh, bentuk ujung sayap, dan tingkah lakunya saat memasuki masa birahi.

Selain itu Bagi Anda yang mau belajar ikutan lomba lovebird, sebaiknya menampilkan burung yang sedang stabil atau tidak birahi. Karena jika sedang posisi birahi, labet biasanya akan macet bunyi atau tidak mau ngekek panjang. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut kita harus memberikan treatmen untuk menurukan birahinya yakni dengan cara mandi dan penghentian pola pakan.

Berikut ini ciri-ciri lovebird betina sedang birahi yang paling akurat
1. burung lovebird betina akan terlihat ngapal atau bisa juga dsebug Ngeleper dalam bahasa jawa. Ciri cirinya adalah lovebird tersebut membentangkan kedua sayapnya. Bisa juga disebut seperti pesawat udara. Saat membentangkan sayapnya t burung tersebut bisa sambil berbunyi atau kadang juga tidak berbunyi atau ngekek.
Apabila sudah terlihat seperti diatas bisa dipastikan bahwa lovebird tersebut berjenis kelamin betina serta sedang dalam fase birahi tinggi. Pada saat posisi seperti ini lovebird akan sangat mudah sekali untuk dijodohkan dengan lovebird jantan yang sudah birahi juga.

2. Ciri yang selanjutnya adalah Lovebird betina yang tadinya sering berbunyi atau ngekek panjang sekarang jarang berbunyi dan tidak bisa ngekek panjang lagi. Jika memang burung ini diprospekan untuk lomba, maka bisa dilakukan tindakan yakni beberapa hari sebelum lomba di terapi mandi untuk menurunkan birahinya.

Cara mengatasi lovebird betina yang minta kawin atau over birahi yakni sebagai berikut:
1. Hentikan pemberian pakan (EF) Ekstra fooding seperti jagung muda, sayuran kangkung, tauge, dan kwaci. Sebab Jenis-jenis makanan itu yang berguna untuk meningkatkan birahi pada lovebird. Untuk mengatasi birahi pada lovebird betina tentu harus memberhentikan sementara pemberian pakan tersebut. Cukup diberikan milet putih saja dengan kanari set dengan dosis 2 banding 1.
2. Mandikan burung setiap harinya. Contohnya setiap pagi saat pukul 7 burung lalu dimandikan dan selanjutnya melakukan penjemuran burung selama 1 jam. Apabila Anda memiliki waktu, saat sore harinya burung dapat dimandikan namun tidak sampai basah kuyup, atau sederhananya anda cukup melakukan pengembunan saja.
3. Tempatkan burung pada kandang umbaran yang mana kandang umbaran memiliki Fungsi untuk membuat lovebird menjadi sedikit merasa bebas terbang bebas karena kandangnya yang luas.

Untuk bisanya jenis lovebirdklep atau kacamata, untuk mencapai masa birahi pada umur 8 atau 9 bulan, dan pada umur ini sudah berani untuk dijodohkan, jika kita memaksakan menjodohkan pada usia kurang dari usia dewasa maka anakan yang dihasilkan biasanya kurang bagus kualitasnya. Dan anakan yang diloloh bisanya akan mati karena indukannya belum matang.

Namun jika pengen hasil yang paling bagus, sebaiknya menjodohkan lovebird pada usia 1 tahunan karena pada usia tersebut biasanya lovebird akan birahi secara alamai, akan tetapi jika peternak ingin menyegerakan memiliki indukan makan pada usia 8-9 bulan bisa kita pacu birahinya dengan memberikan sayuran kangkung serta jagung muda.

Semoga artikel mengenai ciri ciri lovebird betina birahi ini bisa bermanfaat buat anda semua, dan nantikan terus update mengeni informasi seputar lovebird hanya di blog ini.