Cara Perawatan lovebird jantan agar stabil untuk lomba

Cara perawatan lovebird jantan agar stabil untuk lomba ini mungkin kita hadirkan sebagai jawaban atas anggapan bahwa lb jantan sangat sulit untuk di pertandingakan di arena lomba, karena kebanyakan LB jantan tampilnya kurang stabil, banyak kelakukan yang membikin jengkel pemiliknya seperti gelisah, ngeruji maupun hanya naik turun tangkringan saja.

Artikel ini merupakan tambahan untuk artikel sebelumnya yang pernah kita tampilkan yakni settingan lovebird jantan untuk lomba yang sudah kita berikan sebelumnya.

Saat ini memang kebanyakan para kicau mania menggunakan burung LB betina untuk dijadikan momongan, banyak contoh LB betina yang moncer berprestasi di berbagai event, baik lokal maupun nasional.

Akan tetapi sedikit kelemahan dari LB betina adalah kadang ngleper atau birahi jika didekatkan dengan LB jantan yang bertipe fighter.

Namun perlu diperhatian bahwa hal terpenting dalam bermain lovebird adalah memiliki chemistry dengan burung yang kita rawat. Jadi, kita perlu memahami karakter lovebird masing-masing, Karena tidak ada yang instan dalam membentuk lovebird jantan hingga prestasinya bisa stabil.

Karena lovebird jatan emosi dan birahinya cepet muncul sehingga susah dikontrol, da nada beberapa kicaumania yang sudah berulang kali mencoba membawa gacoan lb jantan untuk ikut lomba, namun hasilnya nihil karena burung hanya muter-muter dan gelisah di kandang.

Berikut ini kami berikan contoh rawatan lovebird jatan agar stabil baik itu rawatan harian maupun rawatan sebelum lomba ala om setiawan 5758 yang mampu mengorbitkan lb serayu yang pada tahun 2014 lalu banyak menggondol prestasi

Perawatan harian lovebird jantan Sieryu

  • Pakan harian adalah full milet putih.
  • Sehari-hari, burung tidak dikerodong, akan tetapi diberi sekat agar tidak melihat lovebird lainnya.
  • Pagi hari, burung mandi, kemudian dijemur sekitar 3 jam mulai pukul 08.00 hingga 11.00.
  • Setelah  dijemur, burung anginkan di teras hingga pukul 16.30. Setelah itu, lovebird dimasukkan ke dalam rumah.
  • Pukul 21.00, lovebird dimandikan, kemudian dianginkan (di dalam rumah) dan diistirahatkan hingga esok hari.

Perawatan lovebird jantan sebelum lomba :

  • Perawatan dilakukan H-5 lomba, dimana sebelum dilombakan burung dikarantina di ruangan tersendiri dan untuk tipe rawatan masih seperti rawatan harian
  • Pada H-3, pakan mulai diganti dengan pakan kemasan. Hari berikutnya, burung mulai full kerodong hingga Hari-H.
  • “Jika lomba dilakukan pada hari Minggu, maka hari Jumat pagi burung mandi dan jemur. Pakan tetap memakai pakan kemasan, dengan pakan tambahan berupa satu batang kangkung. Setelah bulu-bulunya kering, burung kembali dikerodong,”
  • Pada H-1, pakan dan air minum dicek. Burung tak perlu mandi, langsung dijemur sebentar dan diberi 1 batang kangkung, kemudian kembali dikerodong.

Pagi sebelum berangkat lomba, burung dimandikan dulu,kemudian dijemur hingga kering dan dikerodong. Dua jam sebelum naik gantangan, burung diberi 1 batang kangkung.

Kunci dari rawatan lb jantan adalah berani mencoba dan tidak putus asa. Karena Lovebird jantan juga bisa tampil stabil dan tidak kalah dari lovebird betina,” tandas Om Styawan

Demikian artikel mengenai cara perawatan lovebird jantan agar stabil untuk lomba yang sudah terbukti ampuh menghadirkan berbagai piala serta piagam, perlu diingat bahwa setelan lomba lb jatan ini sangat bervariasi karena setingan ini juga tergantung dengan karakteristik burung kita sendiri sendiri.

Jangan lupa bagi yang pengen memcoba mengorbitkan lovebird sendiri ada baiknya membaca artikel Tips memilih bakalan lovebird ( PAUD ) yang berprospek untuk lomba atau juga Cara perawatan Lovebird PAUD agar bermental fighter.