Cara mencetak lovebird biola paling mudah untuk pemula

Posted on

Artikel mengenai cara mencetak lovebird biola paling mudah untuk pemula ini sengaja kami hadirkan agar para peternak yang baru saja nyemplung di dunia perlabetan bisa mempraktekan dan bisa menghasilkan anakan sesuai dengan yang diinginkan serta tidak mengalami kerugian saat beternak lovebird warna.

Dimana tips mencetak lb biola paling mudah ini merupakan bocoran dari Om Tony Music yang merupakan breeder labet kawakan yang sudah mulai beternak sejak tahun 2006, Om tony merupakan owner dari breeding lovebird Music BF Jakarta.

Tips mencetak lb biola ini sengaja kami hadirkan karena tren labet warna sekarang ini semakin diminati selain juga labet suara, dimana labet warna harganya saat ini sudah mulai merangkak naik, dan perlu diketahui untuk beterna labet warna inimemang modal yang digunakan tidak sedikit, akan tetapi jika sudah berhasil maka usaha ini bisa menjadi ladang penghasilan yang menguntungkan, mengingat haga jualnya saat ini lumayan tinggi.

Jika modal yang dimiliki pas pasan sebaiknya para peterna main di jenis split, demikian penjelasan yang diberikan om tony music,

Hal paling mendasar yang perlu diketahui sebelum memulai beternak lb warna adalah, kita harus paham terlebih dahulu mengenai teori dasar persilangan lovebird jenis biola. Seperti diketahui, lovebird jantan dan betina dari jenis biola green akan menghasilkan anakan yang semuanya biola, baik biola jantan maupun biola green betina.

Menurut om Tony jika kita hanya mempunyai jantan jenis biola green sedangkan betinanya dari jenis lain non biola, hal ini masih mempunyai kesempatan anakan jenis biola meskiun tidak semuanya.

Dalam hal ini, lovebird biola green jantan bisa dijodohakan dengan lovebird betina dari jenis blue fischery atau jamak disebut dengan lovebird sayur.

Perkawinan tersebut akan menghasilkan lovebird biola yang pasti berkelamin betina, dan hijau standar (josan) yang berkelamin jantan. Anakan yang berjenis hijau standar ini disebut split.

“Jadi apabila kita mengawinkan lovebird jantan biola green dan lovebird betina blue fischery, maka anakan yang dihasilkan sudah pasti biola dan split. Harga lovebird split juga lumayan mahal lho,” tambah Om Tony Music.

Bagaimana jika sebaliknya, di mana lovebird betina biola green dikawinkan dengan lovebird sayur betina? Semua anaknya memiliki warna hijau standar (josan). Anakan yang berkelamin jantan memiliki sifat split biola, sedangkan yang betina non-split (terputus gen biolanya).

Om Tony Music menambahkan, lovebird split biola jantan bisa dikawinkan dengan lovebird biola betina, karena sebagian anaknya nanti akan berjenis biola.

Namun jika modal yang dimiliki memadai, maka lebih dianjurkan untuk mencetak lovebird biola dari induk jantan serta induk betina yang sama-sama berjenis biola green.

“Beternak lovebird warna sangat menguntungkan, meski dibutuhkan modal awal yang lumayan. Tapi kalau kita tekuni secara serius, dan kita rajin share kepada sesama komunitas, hasilnya lumayan, dan cepat balik modal,” tambahnya.

Dia mencontohkan, harga lovebird jantan biola green siap produksi (umur 7-8 bulan) saat ini sekitar Rp 15 juta / ekor. Adapun harga lovebird betina biola green pada umur yang sama sekitar Rp 8 juta / ekor. Modal yang dibutuhkan untuk membeli materi indukan berjumlah Rp 23 juta.

Jika sepasang induk lovebird biola green lancar berproduksi, maka BEP (break event point) atau balik modal sudah tercapai hanya dalam dua kali masa produksi.

Misalnya, pada fase peneluran pertama menghasilkan dua ekor anakan lovebird biola. Pada umur 2-3 bulan, anakan tersebut sudah bisa dijual dengan harga Rp 7 juta / ekor. Pada fase peneluran kedua, menetas lagi dua ekor anakan.

Hanya dari dua fase peneluran, Anda sudah memperoleh pemasukan sekitar Rp 28 juta, alias sudah bisa balik modal. Itupun sudah termasuk biaya operasional sekitar Rp 5 juta selama 6 bulan.

Bahkan produksi pasangan induk bisa digenjot lagi, jika anakan dipanen pada umur 2 minggu, dibesarkan dengan cara diloloh oleh pemiliknya. Sebab jika anakan tidak dibesarkan langsung oleh induknya, maka pasangan lovebird bisa cepat berproduksi kembali.

Selain lovebird biola, Om Tony Music juga melakukan berbagai ujicoba untuk menghasilkan mutasi warna yang bagus. Misalnya, split blue dikawinkan dengan euwing blue, di mana anaknya berjenis biola euwing blue yang harga jualnya jauh lebih mahal.

Begitu juga biola lutino dikawinkan dengan lovebird sayur (blue fischery), dengan harapan anaknya yang jantan berjenis split biola dan / atau split blue dengan harga Rp 7 juta – Rp 12 juta / ekor anakan.

tips cara menjodohkan lovebird warna tanpa gelodok

Untuk menjodohak lovebird warna bisa dibilang lebih sulit jika dibandingkan dengan lb jenis suara, karena kita tidak bisa begitu saja mencampurkan calon induk jantan dan betina kedalam kandang koloni, apalagi kalau kandang juga berisi beberapa lovebird lain yang hendak dijodohkan.

Dalam beternak lovebird warna ini memang lebih selektif dalam proses perjodohan, karena yang dijodohkan merupakan burung jantan serta betina yang sudah diseleksi jenis serta warnaya, dan kebanyakan kendala yang dihadapi para peternah lovebird warna adalah kesensitifan lb serta lb warna agak susah untuk birahi.

Karena itu, calon induk harus menjalani proses perkenalan terlebih dulu/ Dalam hal ini, lovebird jantan dan betina siap produksi (umur 7-8 bulan) dimasukkan dalam kandang kotak, tanpa gelodok.

Biarkan keduanya saling mengenal lebih dekat. Untuk mendongkrak birahinya, berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti kangkung, tauge, jagung, biji bunga matahari (kwaci), ditambah sedikit fumayin.

Selama berada dalam kandang kotak tanpa gelodok, perkembangan pasangan ini harus selalu dipantau. Jika sudah terlihat beberapa kali kawin, pindahkan ke kandang beeding yang sudah dilengkapi dengan gelodok.

“Kalau baru saja berjodoh langsung dimasukan ke kandang gelodok, biasanya induk betina akan menguasai gelodok. Induk betina akan sering memasuki gelodok ketimbang berduaan dengan pasangannya. Kawinnya pun akan lama, dan ini hanya buang-buang waktu saja,” jelas Om Tony Music seperti dikutip dari omkicau.com

Anakan Diasuh Induknya

Baik dalam breeding lovebird suara maupun lovebird warna, Music BF yang dikelola Om Tony Music lebih menyukai jika anakan diasuh langsung oleh induknya hingga masa remaja. Sebab kualitas anakannya lebih bagus ketimbang anakan yang dipanen pada umur 2 minggu dan dibesarkan oleh pemilik / perawat.

Hal ini sudah beberapa kali dibuktikan Om Tony Music. Pertumbuhan anakan lovebird yang diasuh induknya justru lebih cepat, serta lebih sehat, bahkan jarang terserang penyakit snot.

Anakan dibiarkan bersama induknya sampai umur 45 hari (1,5 bulan). Setelah itu baru disapih, ditempatkan dalam kandang besar hingga berumur 4-5 bulan.

Konsekuensinya, produktivitas induk memang tak secepat jika anakan dipanen sejak umur 2 minggu. Tapi Om Tony Music tak mau memusingkannya, karena sejak dulu dia memang fokus pada kualitas dari pada kuantitas.

Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa kontak langsung dengan Om Tony Music (HP 0812 938 7733). Boleh juga mampir ke penangkarannya, kawasa Ruko No 8E RT 9 / RW 10, Jalan Raya Ragunan (samping Bank BNI) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Di ruko berlantai tiga ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai lovebird suara durasi panjang, serta aneka lovebird warna seperti biola, parblue, euwing, dan sebagainya.

Demikian artikel kami tentang tips cara ternak lovebird untuk pemula dan utamanya adalah cara mencetak lovebird biola paling gampang untuk pemula dan semoga bermanfaat.

One thought on “Cara mencetak lovebird biola paling mudah untuk pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *