Cara membedakan lovebird jantan dan betina anakan dan dewasa yang akurat

Cara membedakan lovebird jantan dan betina anakan dan dewasa yang akurat ini penting kami sampaikan karena jika ingin berternak pastinya kita harus tau jenis kelamin lovebird yang kita beli, jangan sampai kita membeli LB yang sejenis sehingga tidak akan pernah menghasilkan keturunan, karena jika kita membeli idukan dari orang yang tidak kita kenal bisa jadi kita akan mendapatkan indukan yang berjenis kelamin sama.

Oleh karena itu penting kita sampikan cara membedakan jenis kelamin lovebird jatan dan betina baik usia anak anak maupun sudah dewasa yang akurat, selain itu banyak juga yang ingin tahu perbedaan jenis kelamin lovebird ini untuk memilih gacoan buat lomba, karena di kalangan kicau mania biasanya lebih seneng memelihara lovebird betina dari pada yang jantan, namun saat ini sudah banyak juga yang melombakan burung berjenis kelamin jantan dan terbuki bisa stabil dan bisa menyabet juara di berbagai ajang lomba yang bergengsi asal bisa tau cara setting lovebird jatan untuk lomba.

Tidak usah banyak basa basi berikut ini kami sampai kan beberapa cara membedakan lovebird jantan dan betina baik itu masih paud usia balibul maupun yang sudah dewasa yang kami rangkum dari berbagai sumber agar memperjelas kita sebagai pemula untuk bisa membedakan jenis kelamin lovebird yang akan kita beli. Karena menurut pengalaman sangat sulit sekali membedakan lovebird jantan dan betina bahkan ada teman yang sudah sangat senior dalam hal burung lovebird pun kadang masih ragu untuk membedakan jenis kelamin lovebird.

1. Test DNA
Ini merupakan cara yang bisa dibilang 99 persen akurat, karena ini menggunakan teknologi, namun kelemanan dari cara ini adalah biaya yang cukup mahal, mungkin untuk melakukan tes ini akan sama atau malah lebih mahal dari pada harga burungya, namum perlu kami sampaikan karena ini merupakan cara paling akurat dalam membedakan lovebird jantan dan betina meskiupun sangat jarang sekali dilakukan oleh lovebird mania.
2. Bentuk Paruh
Pada umumnnya bentuk paruh Lovebird berjenis kelaim jantan akan lebih runcing atau mancung serta kecil, berbeda dengan bentuk paruh Lovebird betina yang cenderung tumpul, melebar, dan besar. Hal ini bisa anda lihat dari gambar dibawah ini.

3. Bentuk dan ukuran badan
Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, Lovebird berjenis kelamin jantan cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Selain itu juga untuk bagian kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung.
Hal ini berlakun untuk lovebird yang sudah berproduksi Jadi itu sudah pasti kita bisa menebak jenis kelamin jantan dan betinanya. Secara umum, lovebird yang sudah pernah produk, lovebird jantan ukurannya lebih kecil dibandingkan lovebird betina. Kemudian warna lovebird jantan pada lehernya terlihat lebih kemilau. Sedangkan warna lovebird betina pada bagian leher dan sayap seperti biasa atau tidak berkilau.

4. Bentuk Sayap
Saat lovebird sedang rilek atau sedang nangkring di kandang kita bisa melihat ujung sayapnya untuk yang berjenis kelamin betina ujung sayap tidak menyatu atau tidak menyilang. Sedang kan pada lovebird jantan, biasanya ujung sayapnya menyilang atau menyatu.

5. Bentuk ekor
Cara membedakan lovebird jantan dan betina selanjutnya adalah dilihat dari bentuk ekor dimana ekor Lovebird jantan cenderung berbentuk runcing, sedangkan untuk ekor Lovebird betina biasanya lebih rata. Jika dilihat secara sekilas, ujung ekor Lovebird jantan mengerucut kecil. Kalau ujung ekor Lovebird betina lebar besar.

6. Cara bertengger
Cara membedakan lovebird jantan dan betina selanjutnya adalah dilihat dari cara bertenggernya, dimana labet jantan bertengger dengan kaki yang lebih rapat sedangkan untuk yang betina kakinya agak melebar atau ngangkang. Hal ini terjadi karena tulang pubis Lovebird betina agak lebar atau berjauhan, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing.

7. Lubang anus atau kloaka
Jika dilihat dari bagian anusnya Lovebird jantan umumnya mempunyai anus atau kloaka yang lebih kecil dan seolah–olah terlihat menonjol atau lebih panjang. Berbeda degan LB betina yang biasanya memiliki kloaka atau anus yang lebih lebar dan terlihat lebih rata atau bisa lihat gambar dibawah ini

8. Lubang Hidung
Cara membedakan lovebird jatan dan betina selanjutanya adalah dilihat dari Lubang hidungnya. Hal ini dapat dilakunan dengan cara dilihat dengan memegang Lovebird tersebut, lalu ditiup pada bagian hidung.

apabila lubang hidung Lovebird berbentuk lonjong atau oval, maka dapat dipastikan itu jenis kelamin Lovebird jantan. Namun jika lubang hidung Lovebird berbentuk bulat lebar, maka itu Lovebird betina.

9. Tulang pubis atau supit urang Lovebird
Untuk membedakan jenis kelamin lovebird bisa kita lihat dari jarak antar dua tulang pubisnya jika kita raba terasa menyempit jika diraba kemungkinan lovebird tersebut bejenis kelamin jantan. Sedangkan untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

10. Lingkar klep kacamata Lovebird
Cara membedakan lovebird jantan dan betina dilihat dari lingkar klep kacamatanya ini bisa dibilang agak sulit, tapi terkadang perbedaan klep Lovebird jantan dan betina bisa kelihatan.

Untuk Lovebird jantan, biasanya klep atau lingkar kacamatanya lebih oval atau lonjong, sedangkan Lovebird betina klepnya lebih bulat.

11. Cincin emas atau jarum
Untuk membedakan jenis kelamin lovebird bisa menggunakan bantuan emas atau jarum. Caranya, siapkan tali dengan panjang 15-20 cm. Lalu, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Setelah itu, peganglah Lovebird menggunakan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman.

Kemudian, tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm. Terakhir, perhatikan gerakan cincin emas yang digantung tadi. Jika cincin bergerak maju mundur searah, berarti Lovebird berkelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina.

12. Perilaku saat sedang birahi
Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara). Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laku seperti ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya.

13. Saat membangun sarang
Lovebird betina biasanya akan lebih aktif dalam membangun sarang, dimanana Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada Lovebird betina

Demikian beberapa Cara membedakan lovebird jantan dan betina anakan dan dewasa yang akurat, semoga bermanfaat buat kita semua. Sampai jumpa di postingan mengenai lovebird selanjutnya.