Cara gampang menjodohkan Lovebird yang sudah dewasa dan beda umur

Menjodohkan lovebird yang sudah berusia dewasa memang kadang susah, apalagi beda umur namun dari pengalaman beberapa peternak bisa kita rangkum beberapa cara gampang membuat lovebird dewasa berjodoh dan bisa diternakan. Artikel ini merupakan rangkain dari cara berternak lovebird sukses untuk pemula yang sudah kami berikan beberapa waktu yang lalu.

Cara yang paling gampang adalah menjodohkan secara koloni, yakni dalam satu kadang ombyokan berisi beberapa lovebird jantan dan betina yang sudah berusia minimal 8 bulan ke atas, dengan cara ini meraka akan mencari pasangan masing masing.

Namun apabila kita hanya memiliki sepasang lovebird yang diperkirakan berkelamin jantan dan betina serta umur yang sudah cukup untuk diternakan, hal ini bisa dijodohkan akan tetapi membutuhkan beberapa waktu dan kesabaran, karena tidak semua bisa berjodoh.

Namun perlu kita perhatikan sebelum dijodohkan sebaiknya kita periksa terlebih dahulu apakah kedua lb tersebit sudah birahi atau belum, jika belum sebaiknya selama seminggu penuh kita berikan EF berupa kangkung setiap hari, jika kangkung tidak tersedia bisa diganti dengan tauge, atau kita berikan sesuai dengan selera si burung lebih suka yang mana, namun kebanyakan lovebird lebih seneng dengan kangkung, dan cara pemberianya dipotong potong terlebih dahulu.
Berikut ini beberpa cara mudah menjodohkan lovebird dewasa yang diambil dari beberapa pengalaman teman teman peternak:

1. Mendekatkan kadang LB jantan dengan LB betina

Setelah pemberikan makanan kangkung, kita dekatkan kedua kandang lovebird yang akan kita jodohkan tersebut dengan cara ditempelkan lakukan cara ini selama beberapa hari, proses ini memang mebutuhkan waktu. Ada yang prosesnya lebih cepat, hal ini bisa kita lihat dari ciri ciri jika kedua kedua lovebird tersebut tidurnya saling menempel di pinggir kandang, maka bisa dipastikan keduanya jodoh. Atau kalau sudah mulai terlihat saling mendekat di pinggir kandang maka sudah bisa dikatakan jodoh. Setelah keduanya terlihat jodoh, barulah dimasukkan ke dalam kandang ternak yang kotak serta kandangnya kita berikan glodok. Cara menjodohkan lovebird dewasa ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para breeder. Kalaupun sudah 4 hari tidak ada perubahan lovebirdnya jodoh atau tidak biasanya akan terlihat saling menjauh dan kedua lovebirdnya pun tetap sehat karena tidak dikejar-kejar oleh lovebird lain.

2. Memasukan lovebird jantan dan betina langsung kedalam kandang ternak meski belum jodoh.

Dengan cara ini juga membutuhkan waktu yang agak lama, meskipun cara ini jarang dipakai oleh para peternak, namun patut kita coba juga, ciri ciri lovebird sudah berjodoh adalah Jika dalam beberapa hari terlihat kedua lovebird tersebut sudah saling mendekat apalagi jika sang jantan sudah mau meloloh yang betina hal ini sudah bisa dipastikan keduanya sudah berjodoh. Kemudian kalau tidurnya sudah saling menempel pada malam hari atau terlihat berdekatan maka bisa dikatakan jodoh juga.

Cara menjodohkan lovebird dewasa yang terakhir adalah secara koloni dimana cara ini bisa dikatakan yang plaing mudah karena mereka memilih pasangan sendiri, dan penerapanya seperti yang sudah kami jelaskan pada awal postingan diatas.

Semoga beberapa tips cara menjodohkan lovebird yang sudah dewasa ini bisa bermanfaat bagi anda yang baru mencoba beternak lovebird, nah jangan lupa juga utuk membaca artikel kami mengenai cara agar lovebird cepat bertelur.