Cara ampuh menjinakan lovebird yang giras

Buat lovebird mania yang memiliki klangenan baru namun ternyata masih giras alias masih takut dengan manusia pastina akan sangat menyulitkan untuk di latih agar bisa memiliki mental fighter dan juga memiliki ngekek panjang.
Banyak tips dan cara menjinakan lovebird giras ini yang sudah dishare di media internet, dan mungkin cara dibawah ini hanya melengkapi saja siapa tau bisa mampu menjinakan lovebird yang masih giras.

Berikut ini beberala langkah yang bisa kita lakukan untuk menjinakan burung loverbird yang sangat giras,

Sebagai permulaan perlu kita ketahu bahwa sebenarnya LB merupakan jenis burung yang sangat cepat sekali beradaptasi dan gampang untuk dijinakkan, namun dalam kasus tertentu kita bisa menemui lovebird yang sangat liar dan agak perlu waktu dan trik untuk menjinakknya.

Jika sudah usaha maksimal ternyata lovebird gacoan kita ini belum jinak juga, kadang membuat si empunya jadi mutung dan pengen menukar dengan yang sudah jinak saja, namun tenang ada baiknya agan semua mencoba dulu trik yang akan kita berikkan.

Melatih burung yang masih giras pastinya akan sulit karena si burung belum nyaman di sangkar dan masih merasa ketakutan saat dihampiri yang empunya jika memberikan makannan atau membersihkan sangakar, selain itu juga burung akan gagal fokus saat pemasteran dan mungkin malah macet bunyi karena takut.

Salah satu cara menjinakan lovebird giras yang cukup banyak digunakan oleh teman teman adalah dengan memandikan hingga basah kuyup, selain itu kita juga butuh memberikan pola rawatan harian yang teratur serta ada beberapa terapi latihan yang mempercepat proses penjinakan.

Sebelum melihat tahapan tapahan penjinakan yang biasanya dimulai dari mandi basah kuyup kita perlu memperhatian beberapa hal sebelum dimulainya proses pelatihan penjinakan, yang diantaranya adalah sebagai berikut

  • Keluarkan lovebird pada pagi hari, kemudian digantang di tempat teduh.
  • Jangan langsung menjemur lovebird sebelum diberikan terapi, karena penjemuran justru membuat lovebird mudah panas dan naik birahinya sehingga menyulitkan tahap pelatihannya.
  • Mengurangi pakan buah dan sayuran yang bisa meningkatkan birahi seperti apel merah, jagung, kangkung, bayam, tauge, dan lain-lain.

Rawatan harian serta cara terapi mandi basah kuyup

  • Turunkan sangkarnya, kemudian keluarkan lovebird dengan cara dipegang tangan.
  • Mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara diguyur menggunakan air mengalir dari keran / selang yang ada di halaman atau kamar mandi. Cara lainnya adalah memandikan dengan menggunakan air dalam baskom / ember.
  • Selama memandikan lovebird, hindari agar air tidak masuk ke dalam lubang hidung atau paruhnya karena bisa membuatnya tersedak dan rentan sakit.

Tahap pelatihan agar lovebird cepat jinak:

  • Setelah dimandikan hingga basah kuyup, lovebird diletakkan di atas sangkarnya.
  • Dengan kondisi bulu yang masih basah, lovebird tentu tidak akan kabur / terbang melarikan diri. Namun jika
  • Anda masih khawatir, silakan lakukan cara tersebut di dalam ruangan / kamar yang tertutup.
  • Apabila lovebird sudah mau mematuki / menggigit jari tangan, tahap selanjutnya adalah melatihnya agar mau mengambil makanan dari tangan kita. Caranya adalah meletakkan beberapa biji milet di atas telapak tangan, lalu sodorkan kepada burung. Cara lain adalah menempelkan milet pada lidi, lalu diberikan kepada burung.

Untuk mendapatkan hasil lebih memuaskan, terapi penjinakan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari dan dihentikan setelah burung mulai terlihat lebih jinak daripada sebelumnya atau tidak giras lagi.

Semoga artikel mengenai cara menjinakak lovebird yang giras ini bisa bermanfaat dan bisa diterapkan terhadap momongan baru anda sekalian, jika ada tips lain bisa dibagi di kolom komentar terima kasih.