Cara agar Lovebird nagen atau tancep di tangkringan saat lomba

Meskipun lovebird kita mau tampil ngekek panjang saat lomba namun jika sambil gigit jeruji atau turun dari tangkringan pastinya akan mengurangi point jikalau di aturan lomba tersebut mengatur perihal adanya pengurangan poin jika burung turun tangkringan.

Nah untuk membuat lovebird nagen atau tancep di tangkringan saat lomba ini memang diperlukan guna mencegah burung yang kurang anteng saat digantang, Nagen sendiri merupakan sebutan untuk burung yang selalu ngekek di tangkringan dan hal ini bisa memberikan nilai tambah dari dewan juri, karena hal tersebut meperindah burung lb kita.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan lovebird saat lomba. Bukan sekadar pengaturan pola serta porsi dari pakan sang jagoan. Trik-trik khusus bisa dilakukan sesaat sebelum di genjot untuk merebut prestasi terbaik.

Mungkin bagi pemula cara-cara tersebut sering kali tak terpikirkan. Akan tetapi bagi pemain yang sudah punya jam terbang di pentas kicauan nasional, sangat memungkinkan menggunakan trik khusus itu.

Satu diantaranya dengan meyemprot tangkringan lovebird. Dimana tangkringan yang banyak digunakan pemain dari bahan kayu. Biasanya pemain menyemprot tangkringannya sebelum digantangkan. Trik ini sejatinya sudah menjadi pola perawatan lazimnya para penghobi anis merah. Mereka biasa menyemprot tangkringan besutannya sebelum ditampilkan.

Menurut mereka, dengan cara ini diyakini sang besutan bisa tancep alias lengket di tangkringan dengan waktu relatif lama. “Lomba anis merah membutuhkan ketahanan fisik sang jagoan agar tidak mletik dari tangkringan. Nah, agar tetap tancep semprotlah tangkringannya,” begitu kata sejumlah pemain anis merah yang ditemui baru-baru ini.

Di era lomba sekarang, cara itu juga banyak digunakan para penghobi lovebird. Mereka meyakini, cara tadi dapat membantu andalannya ketika harus melakoni kompetisi secara marathon. Sudah menjadi fenomena di era lomba sekarang, kompetisi lovebird dilombakan dalam beberapa sesi. Otomatis untuk mengikuti lomba butuh ketahanan stamina dari burung itu sendiri.

Mungkin sebagian pemain masih mempertanyakan korelasi dari disemprotnya tangkringan dengan ketahanan lovebird sehingga membuatnya bisa nagen selama lomba. Sebagian pemain lovebird yang sudah pernah menorehkan prestasi, tidak secara gamblang bisa memberikan jawaban itu. Akan tetapi mereka memberi fakta terhadap beberap besutan mereka yang berhasil menggunakan trik ini.

“Memang bila dipikir enggak ada korelasi antara burung nagen dengan menyemprot tangkringannya. Akan tetapi bila melihat perilaku sejumlah jagoan saya, dengan tangkringan disemprot bisa bikin lovebird betah nangkring dan kerja lagi
Rahasia agar lovebird tetep nagen di tangkringan adalah sebelum mulai perlombaan kira-kira 15 menit tangkringan yang terbuat dari kayu disemprot dengan air sampai benar-benar basah. Hal ini akan memberikan efek nyaman pada lovebird yang sedang nangkring. Selanjutnya ada trik lain pada bagian alas kandangnya diberi potongan karpet merah atau hijau yang dilapisi dengan solasi putih. Tujuannya agar burung tidak mau terjun ke dasar sangkar.

Selain cara diatas, Birahi lovebird juga perlu diperhatikan. Masalahnya jika birahi lovebird sedang tinggi, bisa saja lovebird kita akan terpengaruh lovebird lain sehingga ngekenya di jeruji sambil ingin keluar kandang. Anda pasti tahu pada waktu perlombaan ada lovebird jantan maupun betina yang digantang. Jika lovebird sedang birahi, maka akan mengganggu konsentrasi lovebird kita. Malahan lovebird kita bisa agresif banget. Untuk mengatasi hal tersebut, 4 hari sebelum mengikuti perlombaan, burung rajin dimandikan pada waktu pagi dan sore hari cukup dengan pemgembunan kemudian diberi korodong. Pemberian pakan EF seperti kangkung dan jagung juga dihentikan dahulu. Jadi cukup diberikan milet putih dan sedikit canary seed saja.

kemudian ada trik lagi agar lovebirdnya tetap tancep anteng di tangkringan. Anda bisa menambah tangkringan yang unik. Misalnya bentuk “T” di dalam kandang. Tempatkan tangkringan unik yang pendek tersebut pada bagian atas tangkringan utamanya.

Demikian beberapa tips cara agar lovebird nagen di tangkringan saat lomba, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.