Cara agar Lovebird cepat bertelur dan menetas

Artikel mengenai cara agar lovebird cepat bertelur dan menetas ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yakni cara berternak lovebird sukses untuk pemula, dimana pada bagian yang pertama kemarin kita baru bahas mengenai kandang serta perawatan harinya.

Banyak peternak lovebird pemula yang kadang kadang merasa jengkel karena burung piaraanya tidak kunjung bertelur padahal udah dijodohkan cukup lama di kandang penangkaran.

Pada dasarnya lovebird merupakan jenis burung sang mudah untuk di ternakkan, meskipun habitat aslinya adalah dari afrika, namun lb sangat mudah sekali menyesuaikan diri dengan iklim yang ada di tanah air yang memiliki iklim tropis.

Untuk membuat pasangan lovebird kita bertelur dan bisa menetas pastikan burung yang kita pelihara berjenis kelamin jantan dan betina, karena banyak kejadian pasangan sama sama betina bisa bertelur akan tetapi tidak akan mungkin menetas karena telurnya infertil. Jika lovebird kita adalah hasil jodohan secara koloni, bisa dipastikan lovebirdnya sepasang.

Dan yang penting sebelum lovebird kita dapat bertelur, lovebird harus kawin terlebih dahulu. Jadi cara agar lovebird cepat bertelur adalah mau kawin. Supaya lovebird mau kawin, kita harus naikin birahi lb tersebit. Biar birahi LB naik baiknya kita berikan perlakukan khusus .

Perlakukan khusus tersebut adalah dengan memberikan pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird. Sebenarnya ada beberapa pakan yang bisa cepat meningkatkan birahi lovebird seperti kangkung, tauge, dan kwaci (biji bunga matahari). Dikalangan para peternak lovebird biasa memberikan kangkung agar birahi lovebird bisa naik.

Berikan kangkung selama satu minggu penuh kepada pasangan yang akan diternakan, dan ada baiknya kangkung kita ganti tiap hari agar tetap segar dan tidak rawan penyakit. Menurut pengalaman beternak lovebird, pemberian kangkung setiap hari serta di tambah dengan kwaci yang dicampurkan dengan milet putih sangat berhasil. Setelah anakan atau piyik lovebird di ambil, dua atau tiga minggu kemudian indukan lovebird akan siap berproduksi kembali.

Selain pemberikan pakan yang cukup tidak kalah penting adalah penggantian air minum harus diganti setiap hari, dan usahakan air matang yang diberikan agar lovebird kita sehat, dan juga kebersiahan kandang juga tidak kalah penting agar piaraan kita sehat dan betah menempati kandang.

Sebaiknya kandang diberikan setiap lima sampai dengan tujuh hari sekali nah demikain adalah cara agar lovebird cepat bertelur dan menetas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para peternak pemula yang mencoba membudidayakan lovebird yang saat ini sedang naik daun pamornya