A sampai Z cara ternak lovebird sukses untuk pemula

Berikut ini kami berikan panduan lengkap cara ternak lovebird sukses untuk pemula baik secara koloni maupun soliter, dimana sumber dari tulisan ini kami ambilkan dari berbagai macam informasi yang ada dinternet dan digabungkan dengan pengalaman pribadi kami mengenai ternak lovebird. Dikarenakan keterbatasan kami dalam hal ilmu nulis kami juga melakukan copy paste tulisan teman teman lain yang ada di internet yang sekiranya ada manfaatnya untuk sharing ilmu mengenai cara berternak lovebird untuk pemula ini.

Ada beberapa pokok bahasan yang akan kita bahan dalam panduan lengkap cara ternak lovebird untuk pemula kali ini dimana biar tidak panjang lebar akan kami bagi menjadi beberapa sub bahasan yang insyaallah akan kita jabarkan secara detail sehingga bisa dimengerti untuk anda para pemain baru dalam hal breading burung lovebird ini.

Berikut ini beberapa poit penting atau yang sekirangnya wajib kita ketahui sebelum beternak lovebird agar sukses dan berhasil diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tips memilih indukan lovebird untuk diternakan
2. Persiapan sangkar lovebird
3. Tempat yang tepat untuk beternak lovebird
4. Pakan ternak lovebird
5. Vitamin dan extra fooding lovebird
6. Proses penjodohan lovebird
7. Proses bertelur, inkubasi dan penetasan
8. Perawatan lovebird baby
9. Sortir anakan lovebird prospek
10. Umur dan pemasangan ring pada lovebird

Dan jangan sampai anda lewatkan satu point pun yang kami sampaikan dalam panduan lengkap cara beternak lovebird untuk pemula yang sukses ini agar ada bisa mempraktekannya.

1. Tips memilih indukan lovebird yang baik untuk diternakan

Berikut ini beberapa ciri-ciri atau materi calon indukan lovebird yang bagus untuk ditangkarkan dimana hal ini terbagi dalam beberapa kriterian umum diantaranya :

  1. Pilihan yang pertama pastinya kita memilih calon indukan yang ideal adalah yang sehat lincah.
  2. usia ideal lovebird untuk diternakan adalah usia antara 8 hingga 9 bulan dimana pada usia ini lovebird sudah matang untuk diternakan, namun lebih bagus lagi adalah usia yang diatas 1 tahun.
  3. Agar anakan yang dihasilkan adalah anakan yang bagus, oleh karena itu pilih indukan dengan postur tubuh proposional dalam artian memiliki postur standar layaknya lovebird pada umumnya, memiliki leher yang ideal dengan kepala yang kokoh, kaki tidak cacat serta bulu dan ekor yang rapih.
  4. apabila tujuan ternak kita adalah fokus untuk berternak lovebird lomba, maka pilihlah dari indukan jantan dan betina yang memiliki materi atau durasi ngekek panjang.

Ada 3 poin mudah dalam melihat indukan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lovebird harus memiliki mental dan pergerakan yang gesit serta agresif, hal ini menunjukkan bahwa burung lovebird tersebut sehat dan layak untuk dijadikan indukan tentu harus memiliki suara keras, kasar dan memiliki ngekek panjang.
  • Lovebird memiliki warna bulu yang cerah, rapih dan rapat. Jangan sampai memilih indukan lovebird yang memiliki bulu kusam, kusut atau bulu mengembang.
  • Lovebird memiliki sorot mata tajam dan jernih, itu menandakan bahwa kondisi lovebird optimal. Hindari memilih indukan lovebird yang sorot matanya layu.

Dari penilaian di atas bisa kita simpulkan bahwa indukan terbaik adalah indukan yang memang benar-benar sehat secara fisik.

Setelah kita masuk pemilihan indukan lovebird, perlu kami sampaikan pula bahwa pemilihan lovebird harus berdasarkan silsilah yang baik. Kita tidak tidak membahas tentang warna bulu karena pemilihan warna relatif karena hal tersebut bisa menyesuaikan keinginan peternak.

2. Persiapan Sangkar untuk ternak Lovebird

Setelah tadi kita telah memberikan urian lengkap mengenai cara pemilihan indukan untuk ternak lovebird , maka yang perlu kita ketahui adalah pemilihan sangkar ternak lovebird.

Untuk saat ini sudah banyak dijual kandang box atau sangkar lovebird berukuran sedang maupun besar yang bisa sobat kicau mania beli dengan harga bervariasi.

Pemilihan ukuran kandang lovebird tidak jadi masalah, jangan sampai menyusahkan isi dompet, yang terpenting adalah saat lovebird sudah dijodohkan di dalam sangkar, kebersihan adalah faktor utama keberhasilan penangkaran lovebird.

Ada dua cara penangkaran lovebird yang bisa sobat kicau mania pilih, yang pertama adalah sangkar kotak/box “soliter” dan kedua adalah sangkar koloni “voliere”

Ada kelemahan dan kelebihan yang harus Anda ketahui sebelum menangkarkan burung paruh bengkok ini. Lovebird Mania akan menginformasikan kedua cara tersebut di bawah ini:

Sangkar Kotak/Box (Soliter)


Lovebird akan terasa nyaman bila sangkar yang ditempatinya besar dan bersih. Kita sebagai manusia pasti akan setuju bukan?Berbagai merk sangkar battery yang dapat dipilih, beda merk beda pula kualitas dan model sangkar tersebut. Merk-merk sangkar yang biasa kita lihat di toko burung antara lain Best OneBoomSweetBnR, Dll.

Dengan kisaran harga yang relatif terjangkau maka tidak sulit bagi breeder pemula untuk mencoba ternak lovebird dengan menggunakan media sangkar kotak/box. Harga sangkar kotak berkisar antara Rp. 130.000,- hingga Rp.160.000,- itu sudah termasuk tangkringan dan wadah pakan fullset.

Sobat kicau mania juga perlu Glodok/Gowok (bahasa Jawa) dan alas seperti daun cemara, serabut kelapa, kulit jagung atau serutan kayu untuk tempat lovebird bersarang.

Harga pasaran untuk sangkar kotak

Disini kami akan sedikit memberi contoh bagaimana hitung-hitungan bila membeli 1 unit sangkar kotak beserta isinya.

  • Sangkar kotak Rp. 130.000
  • Glodok/Gowok Kayu Rp. 25.000
  • Alas Glodok Rp.5.000
Jadi Total untuk 1 unit sangkar kotak beserta isinya adalah Rp.160.000,- saja. Mengingat sangkar terbuat dari besi maka sangkar bisa kita gunakan untuk waktu jangka panjang.
Adakah kelebihan dan kekurangan untuk breeding dengan menggunakan media sangkar kotak/box?

Jujur dari pengalaman admin dalam ternak lovebird dengan menggunakan media sangkar box sebenarnya tidak ada kendala berarti. Justru kita malah mudah untuk memantau kondisi lovebird secara lebih dekat karena dapat terpantau terus setiap hari. Seperti memantau lovebird dimasa pengeraman dan setelah penetasan.

Kelemahan biasanya ada pada tempat atau ruangan yang sobat kicau mania miliki. Bila memiliki ruangan sempit pasti akan sangat memakan tempat. Kelemahan lainnya kita akan sulit pada saat penjodohan, Anda sudah pasti tahu bahwa jenis kelamin lovebird susah untuk diketahui, hal ini akan kita bahas pada langkah kelima dibawah.

Nah sudah jelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sangkar kotak? serta kelebihan dan kekuragan yang dimilikinya. Ok kita lanjut pada pembahasan tentang sangkar model koloni, yuk simak dibawah ini.

Sangkar Koloni (Voliere)

Tentu kita mengetahui beberapa kelebihan sangkar jenis koloni ini yaitu tidak memakan tempat dan lovebird bisa memilih sendiri jodoh yang diinginkannya.

Untuk pemula, hal tersebut mungkin belum dipahami karena untuk memulai membuat kandang koloni, tidak memakan budget cukup besar. Namun bila Anda ahli dalam hal ini mungkin pengeluaran bisa diminimalisir lagi.

Beberapa kelebihan dari sangkar koloni (voliere)?

  • Kelebihan dalam menggunakan kandang koloni adalah yang pertama burung lovebird tidak mudah stress.
  • Sobat kicau mania tidak akan membutuhkan waktu lama untuk merawatnya karena cukup beberapa hari sekali untuk membersihkan kandangnya. Untuk pakan cukup memberikan milet serta Extra fooding kesukaan lovebird Anda.
  • Lovebird akan cenderung lebih sehat karena lebih leluasa dalam bergerak.
  • Lovebird bisa memilih jodoh nya sendiri, sangat membantu bagi sobat kicau mania pemula yang belum paham cara penjodohan lovebird.
  • Jelas perawatan lovebird lebih mudah.

Kekurangan Sangkar model koloni

  • Kekurangan kandang model koloni adalah keterbatasan tempat, bila anda memiliki sumpit maka tidak mungkin membuat kandang koloni ini.
  • Bila ada salah satu burung yang terkena penyakit bukan tidak mungkin burung lain akan terpapar penyakit juga.
  • Bila dalam satu kandang koloni berisi banyak sekali lovebird, maka akan sangat sulit memantau produktivitas ternak.

Nah Anda dapat memilih mana sangkar yang cocok untuk memulai ternak lovebird di rumah, Sesuaikan dengan isi kantong Anda, jangan sampai menjadi kerugian buat sobat kicau mania. Nah jangan kemana-mana dulu, pembahasan berikutnya tentang pakan ternak lovebird terbaik yang bisa Anda berikan pada breeding lovebird kesayangan.

2. Dimana Tempat yang cocok untuk ternak Lovebird
kali ini akan membahas tentang tempat yang cocok untuk ternak lovebird, mungkin saja sobat kicau masih bingung memilih tempat terbaik bagi burung ternaknya. Kami akan membahas ternak lovebird di dalam rumah dan ternak lovebird di luar ruangan, manakah tempat yang cocok? langsung saja kita simak ulasan singkatnya dibawah ini
2 Pilihan Tempat yang Cocok untuk Ternak LovebirdApa kelebihan masing-masing tempat penangkaran lovebird di dalam dan di luar rungan?

Ternak lovebird di dalam rumah

Tempat paling aman untuk ternak lovebird agar tidak diganggu oleh hewan maupun lalu lalang orang adalah didalam ruangan. Bisa juga sobat kicau memanfaatkan kamar kosong yang tidak terpakai.

Ruangan tersebut haruslah memadai seperti adanya sirkulasi udara masuk dan keluar serta pencahayaan melalui atap kamar agar sinar matahari dapat masuk saat pagi hingga sore hari.

Anda bebas menempatkan kandang lovebird sesuai bentuk ruangan, kandang model battery maupun kandang koloni sama saja.

Seperti contoh berikut ini, kandang kotak dibuat bersusun dengan diberi jarak antara kandang satu dan lainnya sehingga tidak kelihatan sempit. Tiap kandang diberi sekat agar tidak terlihat oleh pasangan lovebird lain.

Hal ini bertujuan agar sobat kicau juga mudah untuk membersihkan kandang ternak lovebird. Lihat gambar tempat yang cocok untuk ternak lovebird di dalam rumah berikut:

Source: quaizbirdfarm

Beri kasa kusus fentilasi agar serangga pengganggu tidak masuk kedalam ruangan. Berikan lampu ultra violet (UV) sebagai pengganti bila tidak ada atap, hal ini bertujuan agar penyerapan calsium pada tubuh burung terpenuhi oleh adanya sinar matahari atau lampu UV.

Jaga selalu kondisi kebersihan kandang karena akan berdampak baik bagi kesehatan pernafasan karena sirkulasi udara didalam ruangan tidak sebebas di luar.

Ternak lovebird di luar ruangan

Ternak lovebird di luar ruangan bisa menjadi pilihan karena lebih bebas, itupun jika sobat kicau memiliki halaman belakang yang luas, tapi tidak ada salahnya memanfaatkan tempat tersebut untuk penangkaran lovebird.

Bila memilih kandang diluar ruangan berarti sobat kicau menggunakan penangkaran model koloni. Kandang koloni memang membutuhkan tempat luas karena bentuk kandang koloni cukup memakan tempat.

Biaya mahal karena sobat kicau harus membuat sebuah kandang sekaligus atap agar terhindar dari hujan langsung. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuatnya.

Ukuran kandang bervariasi tergantung seberapa banyak pasang lovebird yang akan kita ternak. bila hanya 4 pasang lovebird, sobat kicau dapat membuat kandang koloni sebesar 2×3 meter persegi saja. Bila banyak, tinggal Anda sesuaikan saja. Seperti apa tempat yang cocok untuk ternak lovebird diluar ruangan? lihat dibawah ini:

Source: aikolovebird

Kami selalu mengingatkan, selalu menjaga kebersihan kandang maupun ruangan tempat penangkaran lovebird. Burung lovebird akan merasa nyaman dan fokus untuk berkembang biak.

Nah tempat yang cocok untuk ternak lovebird diatas menjadi pilihan bagi sobat kicau mania yang ingin mencoba breeding lovebird dirumah. Sesuaikan tempat, ruangan dan dana untuk membuat tempat ternak lovebird.

4. Pakan untuk Ternak Lovebird

Pakan ternak lovebird sangat mudah kita jumpai di toko pakan burung disekitar Anda.

Pakan lovebird yang utama adalah milet putih, memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang mengenyangkan untuk mencukupi asupan kebutuhan tubuh lovebird sehari-hari.

Tak hanya milet putih, ada beberapa biji-bijian yang baik bila kita berikan untuk dikonsumsi lovebird kesayangan diantaranya, canary seed, biji bunga matahari, biji fumayin, kuaci, gabah merah, Biji oat, milet merah, Dll.

Namun kini sobat kicau mania bisa membeli pakan campuran, biji-bijian didalam kemasan pakan campur dengan berbagai biji-bijian yang pastinya baik bagi lovebird kesayangan.

Apa saja sih merk pakan ternak lovebird terbaik?

Banyak sekali produk berkualitas, namun Lovebird mania akan memberikan reverensi beberapa produk terbaik seperti dibawah ini:

BENELUX Primus Lovebird – Pakan import dari Belgia dengan berbagai macam campuran biji-bijian dengan beragam kandungan vitamin yang tentu baik bagi lovebird.

Versele Laga Premium Prestige African Parakeet – Produk pakan eksklusif campuran dari biji – bijian berkualitas dan komplit, diperkaya dengan Vitamin, Asam Amino dan Mineral untuk mecukupi kebutuhan pakan lovebird.
Versele laga Prestige Stick – Merupakan pakan penunjang, dikhususkan untuk memberikan variasi makanan agar lovebird tidak bosan. Terdapat kandungan kacang tanah, almond dan madu.
Premium Kebumen Pakan Lovebird Ebod Jaya – Pakan campuran dari berbagai biji-bijian segar berkualitas, diperuntukan untuk lovebird lomba dan ternak lovebird untuk mencukupi vitamin dan mineral.
Ebod Lovebird – Pakan lovebird lokal berkualitas, berbagai biji-bijian seperti Millet putih, Biji Bunga Matahari, Canary seed, Biji sawi, Millet Merah, Gabah Bangkok, Dll.
Dan masih banyak lagi merk pakan berkualitas yang baik untuk ternak lovebird Anda. Pada lain kesempatan kami akan merekomendasikan pakan ternak dan pakan lomba terbaik untuk Anda.

5. Vitamin dan extra fooding lovebird

Vitamin dalam budi daya lovebird adalah penunjang reproduksi lovebird agar lebih produktif dan tentu indukan menjadi lebih sehat.

Sobat kicau mania sering kali melewatkan proses ini dan hanya berfokus pada makanan saja, padahal untuk ternak lovebird vitamin menjadi faktor utama penunjang hasil anakan lovebird terbaik.

Memang benar tanpa vitamin tambahan, lovebird juga sudah pasti sehat dengan adanya extra fooding, namun dalam berternak lovebird perlu vitamin tambahan agar lovebird bisa terus memproduksi telur dan anakan yang baik.

Apa jadinya bila lovebird terus saja memproduksi telur dan anakan namun nantinya kualitasnya semakin menurun?

Vitamin Lovebird

Vitamin terbaik yang cocok untuk lovebird telah sering kita jumpai di toko khusus burung, ada produk vitamin dari impor maupun lokal.  ada bisa memilih di toko burung kepercayaan anda untuk membeli vitamin yang bagus untuk beternal lovebird ini.

Extra fooding

Sebenarnya extra fooding adalah pakan penunjang agar lovebird mendapatkan variasi pakan yang lebih optimal. Extra fooding pada lovebird adalah sayuran-sayuran yang disukai oleh burung paruh bengkok ini.

Beberapa extra fooding yang baik bagi lovebird adalah, jagung manis, kangkung, apel (hilangkan bijinya), wortel, mentimun, buah pir Dll.

Cara pemberiannya bisa kita atur sesuai dengan minat lovebird itu sendiri, extra fooding bisa kita berikan 2-3 kali seminggu dengan buah dan sayur bervariasi.

Khusus untuk ternak, hentikan pemberian extra fooding ketika indukan lovebird sedang meloloh anakan. kenapa demikian? faktornya sebagai berikut:

  • Glodok akan menjadi kotor dan memicu datangnya penyakit.
  • Indukan menjadi cepat birahi.
  • Menjadi faktor utama kematian anakan, karena indukan birahi lagi.

Jadi hentikan pemberian extra fooding saat indukan lovebird meloloh anakan, berikan extra fooding apabila anakan sudah cukup dewasa dan indukan kembali memasuki masa kawin.

Kami harap Anda tidak bosan dengan artikel ini, langsung pada pembahasan berikutnya.

6. Proses Penjodohan Lovebird

Kita akan memberikan info bagi pemula yang baru saja ingin mencoba ternak lovebird.

Admin sarankan untuk langsung membeli Indukan lovebird yang sudah resmi menjadi pasangan, karena hal ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan tahapan ternak lovebird

Penting bagi pemula!!!
Beli dan pilih indukan sehat dengan postur yang proposianal, pastikan lovebird tersebut memang sudah berjodoh ataupun pernah bereproduksi. Hal ini akan mengurangi resiko kerugian awal apabila ternyata lovebird tidak jodoh atau jenis kelamin lovebird sama.

  1. Siapkan kandang kotak/box/battery, posisikan tangkringan dan wadah pakan sesuai keinginan Anda.
  2. Masukan burung lovebird kedalam kandang, biarkan burung beradaptasi dengan kandang.
  3. Berikan extra fooding seperti sayuran selama 3 hari dan seterusnya cukup 2-3 kali dalam seminngu
  4. Berikan Vitamin penunjang kesuburan selama 3 hari, dan seterusnya cukup 1-2 kali dalam seminggu.
  5. Diawal, jangan taruh glodok dulu, pantau gerak-gerik lovebird apakah siap atau belum, hal ini agar lovebird lebih fokus kepada birahinya.
  6. Bila sudah terpantau kawin, segera masukan glodok.
  7. Berikan alas glodok, kulit jagung, cemara kering, serabut kalapa diatas kandang, lovebird akan membuat sarangnya sendiri.
  8. Dan selalu pantau perkembangan ternak setiap hari.

Di lain kesempatan Admin akan lebih intens membahas ciri-ciri lovebird siap kawin dan akan lebih detail menjelaskan penjodohan lovebird berdasarkan pengalaman breeder yang telah sukses berternak lovebird.

7. Proses Bertelur, Inkubasi dan Penetasan

Proses lovebird bertelur

Bila sudah terpantau kawin, sang jantan dan betina akan mulai membuat sarang didalam glodok yang sudah kita masukan ke kandang.

Dari proses perkawinan tersebut lovebird akan memproduksi telur dalam 10 hari sejak perkawinan. Dalam proses bertelur ini setiap telur memiliki jarak keluar, telur pertama akan keluar diikuti telur kedua, ketiga dst dengan jarak 1-3 hari.

Burung betina yang baru pertama bertelur sangat rentan terhadap gangguan sekitar. Secara insting burung, betina akan protektif terhadap sarangnya dan jantan akan berbunyai keras ketika ada gangguan.
Jangan sering membuka glodok, karena lovebird akan mudah stres dan beresiko tidak mengerami telurnya. Berikan pakan terbaik, betina akan membutuhkan asupan 30% lebih banyak ketika sedang bertelur. Berikan vitamin dan extra fooding  penunjang agar betina dengan mudah menghasilkan telur sehat dan mudah-mudahan isi.

Standart lovebird bertelur yaitu antara 3-6 telur dalam satu fase, banyak tidaknya telur tergantung faktor lain seperti pakan, genetik, dan vitamin pendukung.

Untuk permasalahan tentang gagal bertelur atau lovebird susah bertelur karena sesuatu penyakit, segera Admin bahas pada artikel berikutnya yang dapat di simak pada label khusus ternak lovebird.

Proses Inkubasi (Pengeraman)
Lamanya waktu pengeraman normal pada burung lovebird adalah 21 hingga 23 hari masa pengeraman. Dimasa inbukasi, asupan pakan dan vitamin harus dijaga jangan sampai over birahi terjadi pada betina yang akan berdampak buruk pada proses perngeraman. Berikan pakan standart dan jagung secukupnya saja tanpa vitamin tambahan.

Bila gizi burung dan kenyamanan kandang terjaga, betina akan lebih maksimal mengerami telur dan menetas pada waktunya. Namun ada kalanya 1-2 telur tidak menetas, bisa dikarenakan telur kosong ataupun tidak terinkubasi dengan baik oleh induknya.

Penting!!!
Diusahakan jangan memindahkan kandang ataupun membuka glodok saat proses pengeraman telur berlangsung.

Proses Penetasan Telur lovebird

Perlu sobat kicau mania ketahui lovebird mengerami telur dengan pola asinkronisasi yaitu dimana proses inkubasi tidak terjadi secara bersamaan yang artinya setiap telur pertama yang keluar akan menetas lebih dulu, dan telur terakhir akan menetas paling akhir.

Tidak menutup kemungkinan telur terakhir tidak menetas dikarenakan pecah atau terinjak-injak oleh lovebird yang lebih dulu menetas. Jikalau telur terakhir menetas, jangan heran bila anakan terlihat lebih kecil dan kalah dengan lovebird anakan yang lain.

Peternak pemula tak perlu khawatir, ikuti saja alur sang induk betina dan jantan dalam memperlakukan/mengasuh anaknya sesuai dengan insting burung.
Pada Umur 1 minggu anakan lovebird bisa kita pasang ring sebagai tanda pengenal hasil breeding kita. Berikan pakan biji-bijian terbaik, extra fooding (seminggu 2 kali), dan vitamin seperti Omni-vit.

Dalam ketiga proses ini, Anda harus terus memantau ternakan lovebird Anda, jangan sampai lalai dalam merawat lovebird kesayangan. Perlakukan burung lovebird dengan semestinya, jangan terlalu berlebihan untuk memberikan pakan atau vitamin yang malah membuat lovebird menjadi cepat birahi.

Lanjut keperawatan lovebird baby/anakan, jadi pantengin terus informasi selanjutnya dibawah ini.

8. Perawatan anakan Lovebird

Nah panjang juga Admin membahas tentang langkah-langkah ternak lovebird untuk pemula ini. Kita berharap ada feedback positif di komentar untuk kita bisa berdiskusi tentang masalah ternak lovebird yang pastinya dimiliki oleh sebagian peternak pemula.

Berbicara mengenai perawatan lovebird baby, bagi mereka yang awam tentang permasalahan ini akan Admin bahas tentang cara merawat lovebird anakan mulai umur 2 minggu.

Dalam breeding lovebird, anakan lovebird bisa diambil setalah berumur 2 minggu. Taruh diwadah kotak kecil atau wadah bekas tape yang di kasih serutan kayu agar anakan lovebird tetap nyaman.

Untuk makanannya, sobat kicau mania bisa melolohnya sendiri dengan bantuan alat spet berbentuk tabung suntik yang ujungnya diganti dengan karet pentil atau membeli alat khusus seperti dibawah ini.

Lantas kenapa harus kita ambil setelah lovebird berumur 2 minggu? Bagi peternak lovebird yang ingin breedingnya terus berproduksi, hal ini perlu dilakukan agar produksi terus berjalan.

Anda harus spet sendiri anakan lovebird hingga anakan bisa makan milet putih sendiri.

Sobat kicau pasti akan mengalami dimana indukan akan membunuh anaknya sendiri yang masih kecil, lantaran birahi indukan naik. Tentu tidak ingin demikian bukan?

Nah caranya kita harus sesegera mungkin memisahkan anak dengan induknya agar hal tersebut tidak terjadi. Lalu induk akan memulai siklus kawin lagi yang akan memproduksi anakan.

Memulai siklus birahi indukan lovebird

Pada fase ini sang induk akan memasuki masa birahi, yang artinya akan ada perkawinan, bertelur dan Inkubasi kembali.

Segera bersihkan glodok dari kotoran burung, boleh membuang alas glodok (bila bersih biarkan saja).

Saatnya memberikan pakan, extra fooding dan vitamin penunjang agar stamina induk Lovebird kembali fit. Mulai dari sini Anda akan memulai dari langkah ke 3 sampai dengan langkah ke 6.

Cara meloloh lovebird baby

Baby lovebird akan kita loloh pada pagi, siang, sore dan malam sampai usai lovebird 1 bulan. 1 bulan keatas cukup diberikan 3 kali sehari saja.

Bahan pakan dan alat yang harus digunakan adalah:

Bahan Takaran
Bubur Sun rasa apa saja 120 gram
Pakan burung fancy rumput laut 450 gram
Pakan ayam BR 1 100 gram
BirdVit serbuk 10 gram
BirdMineral 10 gram
*Untuk 1 kali loloh 4-6 ekor anakan lovebird

Cara membuat adonan pakan

  1. Siapkan wadah gelas kecil.
  2. Siapkan Spet khusus untuk lovebird.
  3. Campur semua bahan tersebut kedalam gelas.
  4. Tambahkan air secukupnya (jangan terlalu encer).

Cara melihat apakah lovebird sudah kenyang adalah dengan melihat dan meraba temboloknya, bila sudah kenyang tembolok akan membesar. Bila tembolok sudah kosong, segera loloh kembali agar lovebird sehat dan aktif  kembali.

Itulah cara merawat anakan lovebird hingga berumur 2 bulan dan bisa makan sendiri. Berikutnya adalah tahapan terakhir dimana kita akan memilih lovebird yang akan dijadikan penerus dan mana yang untuk kita jual. Simak ulasan terakhirnya dibawah ini.

9. Sortir Anakan Lovebird Prospek

Peternak lovebird yang sukses adalah peternak yang berhasil membudidyakan lovebird secara berkala dan di data sesuai perkembangannya.

Kita ambil 1 contoh, bila dalam 4 lovebird yang berhasil kita ternak hingga tumbuh dewasa. Maka 2 diantaranya akan kita ambil sebagai penerus dan 2 akan kita jual sebagai keuntungan, beli pakan dan kebutuhan lain yang mungkin tidak Anda kira.

Pilih 2 anakan yang layak untuk dijadikan indukan dimasa depan, sobat kicau mania bisa melihatnya dari postur, bulu dan suara. Jelas kita tidak bisa mengetahui jenis kelaminnya namun tetap kita harus mengambilnya sebagai indukan kelak.

Jangan sampai 4 anakan tersebut dijual, memang akan untung, tapi Anda tidak memiliki data dan silsilah asli hasil penangkaran Anda sendiri. sudah jelaskan?

Bagaimana menjual hasil ternak lovebird sendiri?

Saat ini sudah sangat mudah menjual lovebird dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui media Online.

10. Umur dan pemasangan ring pada lovebird

Umur pemasangan ring pada anakan lovebird yang paling tepat adalah antara satu minggu dan dua minggu. Saya biasanya memasang ring pada anakan lovebird umur 10 hari. Kalau masangnya pada umur 14 hari rasanya sudah susah tapi kalau pelan-pelan masih bisa. Nah bagi yang baru pertama kali memasang ring sebaiknya pada umur antara 7 hari sampai 14 hari seperti saya.
Cara pemasangan ring pada lovebird yang benar

Cara ini sudah diterapkan para breeder dan dijamin aman bagi anakan lovebird. Pada saat memegang lovebird harus hati-hati dan buat dia tenang terlebih dahulu. Kalau lovebird baru kita ambil biasanya tidak tenang, jadi didiamkan di tangan kita. Salah satu kakinya dipegang dengan jari dan jempol kita. Bisa dilihat pada foto di atas.

  1. Sediakan ring yang akan kita pasang, air atau minyak goreng.

Anda bisa menggunakan minyak goreng sedikit saja yang dileskan pada bagian dalam ring dan pada kaki lovebird. Tujuan diolesi minyak goreng sedikit ini agar pemasangan ring pada lovebird mudah dipasang dan terasa licin. Tapi kalau yang sudah mahir tidap perlu memakai minyak goreng. Tapi menggunakan air sebagai pelicin.

  1. Anakan lovebird dipegang terlebih dahulu dan tunggu sampai tenang.

Setelah terlihat tenang pegang salah satu kakinya. Para peternak kebanyakan memasang ring nya pada kaki sebalah kiri. Namun banyak juga yang memasangnya pada kaki sebelah kanan. Kalau saya lebih suka memasangnya pada kiri. Jadi tidak ada ketentuan dalam memasang ring pada kaki sebelah kanan ataupun yang kiri. Kalau pendapat saya pribadi. Kaki sebelah kanan hewan biasanya yang paling sering digunakan sama halnya manusia.
Mungkin saja kaki kanan lovebird biasa digunakan untuk membangun sarang dan menggunakannya untuk yang lain. Jadi agar tidak terganggu saat melakukan aktivitasnya dengan kaki sebelah kanan, maka saya putuskan untuk memasangnya pada kaki sebelah kiri.

  1. Sediakan ring dan minyak goreng atau air

Sediakan ring yang sudah diolesi minyak goreng. Kaki burung juga diolesi dengan minyak goreng sedikit saja yah. Kalaupun tidak memakai minyak goreng, Anda bisa memakai air. Jadi ring dan kaki burung lovebird diolesi air agar mudah memasangnya.

  1. Cara pemasangan

Cara memasang ring ini adalah kaki burung sebelah kiri dipegang dengan jempol dan jari telunjuk. Sedangkan jari lainnya memegang bagian tubuhnya.

  1. Pegang ketiga jari lovebird kemudian dimasukkan ketiga jarinya dan satu jari lagi diarahkan ke belakang.
  2. Dorong pelan-pelang ring supaya masuk sampai penuh di kakinya.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada foto di atas.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara memasang ring pada anakan lovebird dan pada umur berapa yang cocok untuk pemasangan ring.

Semoga artikel panduan lengkap cara beternak lovebird dari A-Z ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan sekali lagi kita katakan bahwa tulisan ini merupakan hasil dari perbaduan informasi yang ada dinternet dan juga pengalaman pribadi dan jika kurang berkenan silakan kontak kami.